Sejarah dan Definisi Email



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Sejarah dan Definisi Email - Salam Blogger, pada kesempatan kali ini bang dadan akan coba memberikan sebuah artikel mengenai Sejarah dan Definisi Email. Anda tentunya sudah pernah mendengar bahkan sudah pada bisa membuat sebuah email, namun tak apa-apa saya posting artikel ini karena mungkin sebagian orang ada yang belum tahu terutama di daerah peloksok yang belum mengenal dunia internet. dan itung-itung sebagai tabungan artikel saya. hehe..
Oke langsung saja pada pokok pembahasan mengenai sejarah dan definisi email itu.

sejarah dan definisi email
  1. Sejarah Email
Sejarah surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Namun pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.

   2.  Pengertian Email

Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet saja.

Nah, jadi pada intinya email itu ada sarana surat menyurat yang digunakan dalam dunia teknologi. sekarang kan jaman sudah canggih jadi kebanyakan orang mengirim surat menyurat itu melalui email gak kaya dulu dari sehelai kertas lalu kemudian menunggu datang kiriman surat itu lama bisa berhari-hari. namun kalau pengiriman surat melalui email hanya dalam hitungan detik surat itu sudah dapat kita terima.

Mungkin sekian dulu postingan kali ini tentang Sejarah dan Definisi Email, next time kita bahas mengenai kelemahan dan kelebihan email oke?
Referensi: http://0822067.blogspot.com/2010/06/pengertian-email-kelebihan-dan.html 
Labels: email, Sosmed

Thanks for reading Sejarah dan Definisi Email. Please share...!

0 Komentar untuk "Sejarah dan Definisi Email"

Back To Top